Kampas ganda memiliki peran untuk menyalurkan dan memutus tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang dengan cara sentrifugal. Dengan kata lain, kampas motor matic atau kampas ganda/kopling merupakan penyalur tenaga agar motor dapat bergerak.
Kampas ganda juga berfungsi menentukan akselerasi dan kenyamanan berkendara. Sebab, kampas kopling yang aus hanya membuat mesin meraung tapi tidak bisa mengeluarkan tenaga.
Semakin tingginya RPM membuat gaya sentrafugal pada kampas ganda untuk menekan rumah kopling semakin tinggi. Dengan cara inilah motor matic bisa berakselerasi menyalurkan tenaga dari putaran mesin.
Fungsi kampas ganda motor matic lainnya adalah meningkatkan kontrol saat melakukan perpindahan gigi atau mengamankan transmisi dari kerusakan akibat perpindahan yang tidak tepat.
Beberapa tipe motor manual menggunakan kopling basah, sementara untuk tipe matic sudah menggunakan tipe kopling kering.
Kondisi kering tentunya harus tetap terjaga, bahkan pada bagian area CVT wajib dalam keadaan kering dan tidak ada kotoran seperti debu, oli yang berlebih agar tidak selip.
Tidak heran jika motor matic saat menerabas genangan air sering selip. Air yang masuk ke komponen CVT akan mengganggu kerja kampas ganda dan komponen lainnya.