Yamaha NMAX Turbo sukses menarik perhatian para pecinta otomotif sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini. Bagaimana tidak, NMAX Turbo tidak hanya menawarkan desain yang modern dan sporty, tetapi juga sejumlah fitur canggih yang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.
Dua fitur yang paling sering menjadi sorotan dan bahan perbincangan adalah Y-Shift dan Riding Mode. Kedua fitur ini menawarkan opsi yang lebih personal bagi pengendara dalam mengatur performa motor. Namun, banyak yang masih bingung mengenai perbedaan dan fungsi masing-masing fitur.
Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua fitur tersebut, bagaimana cara kerjanya, serta tujuannya yang dapat Anda rasakan saat berkendara dengan Yamaha NMAX Turbo. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli motor ini, atau sekadar ingin tahu lebih banyak tentang inovasi terbaru dari Yamaha, maka simak bahasan lengkapnya di bawah ini.
Fitur Y-Shift pada Yamaha NMAX Turbo adalah inovasi yang dirancang untuk meningkatkan performa dan kenyamanan bermotor. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk mengatur akselerasi dan deselerasi dengan lebih mudah dan responsif.
Fitur ini terletak di bagian bawah saklar kiri dan memiliki 3 tingkatan akselerasi - Low, Medium, dan High - di mana pengendara dapat memilih tingkat akselerasi yang sesuai dengan kebutuhan berkendara mereka, seperti saat menyalip kendaraan lain atau melewati tanjakan.
Selain meningkatkan akselerasi, Y-Shift juga berperan penting dalam deselerasi, memberikan kontrol yang lebih baik saat menghadapi jalanan menurun atau tikungan tajam.
Y-Shift bekerja dengan mengatur tekanan pada pulley CVT secara elektronik, sehingga memberikan sensasi "kick" atau tarikan yang lebih terasa saat membuka gas, serta efek engine brake yang lebih nyata saat menutup gas.
Memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan sporty.
Meningkatkan kontrol pengendara, terutama saat melewati tikungan atau kondisi jalan yang menuntut akselerasi dan deselerasi yang cepat.
Meminimalkan gejala CVT yang cenderung "loyo" pada motor matik konvensional.
Riding Mode adalah fitur yang memungkinkan pengendara memilih karakteristik mesin yang diinginkan, antara agresif atau halus. Melalui fitur ini, pengendara bisa memilih salah satu dari 2 mode berkendara yang telah disesuaikan dengan preferensi mereka:
T-Mode (Town Commuting): Mode ini memberikan penyaluran tenaga yang lebih halus dengan RPM yang dijaga pada kisaran menengah. Cocok untuk berkendara sehari-hari di perkotaan.
S-Mode (Sport Touring): Mode ini meningkatkan keagresifan tenaga motor dengan RPM yang disetel lebih tinggi daripada T-Mode. Cocok untuk berkendara di jalanan yang lebih terbuka atau untuk perjalanan yang lebih sportif.
Untuk pengoperasiannya, baik T-Mode maupun S-Mode bisa diaktifkan dengan mudah melalui tombol Mode yang terletak di bagian depan stang kemudi NMAX Turbo sebelah kiri.
Riding Mode bekerja dengan mengatur mapping injeksi dan bukaan throttle body, sehingga mempengaruhi karakteristik torsi dan tenaga yang dihasilkan mesin.
Menyesuaikan karakteristik motor dengan kondisi jalan dan gaya berkendara pengendara.
Memberikan fleksibilitas dalam penggunaan motor, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk berkendara yang lebih sporty.
Y-Shift memiliki fungsi utama untuk memberikan sensasi perpindahan gigi, cara kerjanya mengatur tekanan pulley CVT, dan bertujuan untuk meningkatkan kontrol saat berkendara.
Riding Mode memiliki fungsi utama mengubah karakteristik mesin, cara kerjanya mengatur mapping injeksi dan bukaan throttle body, dan bertujuan untuk menyesuaikan karakteristik motor dengan kondisi jalan dan gaya berkendara.
Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Fitur Y-Shift lebih fokus pada sensasi berkendara dan kontrol pengendara, sedangkan Riding Mode lebih fokus pada karakteristik mesin secara keseluruhan.
Kedua fitur ini saling melengkapi dan dapat digunakan bersama-sama untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang optimal sesuai dengan preferensi masing-masing pengendara. Kombinasi kedua fitur ini memberikan pengendara fleksibilitas yang lebih besar dalam mengatur performa motor.
Misalnya, riding mode akan mengatur karakteristik respon throttle dan tenaga mesin secara keseluruhan. Mode Sport akan memberikan akselerasi yang lebih responsif, sedangkan mode Town akan memberikan karakteristik yang lebih halus dan efisien bahan bakar.
Y-Shift kemudian bekerja dengan memberikan efek downshift untuk meningkatkan torsi dan akselerasi instan. Anda bisa mengaktifkan Y-Shift pada level 1, 2, atau 3 sesuai kebutuhan.
Menggunakan kombinasi fitur Y-Shift dan Riding Mode dapat sangat bermanfaat dalam beberapa situasi berkendara. Misalnya:
Saat berkendara di jalan yang luas atau sering melakukan manuver overtaking, kombinasi mode Sport (S-mode) dan Y-Shift level tinggi akan sangat membantu.
Mode Sport + Y-Shift Level 1 cocok untuk situasi jalan berliku. Mode Sport akan memberikan handling yang lebih responsif saat menikung, sedangkan Y-Shift Level 1 akan membantu keluar dari tikungan dengan lebih cepat tanpa membuat motor terasa terlalu liar.
Kombinasi kedua fitur ini memastikan bahwa Anda dapat mengatur performa motor sesuai dengan preferensi dan kondisi jalan yang dihadapi. Baik Y-Shift dengan tiga tingkatan akselerasi dan Riding Mode dengan pilihan T-Mode dan S-Mode, keduanya bekerja sama untuk memberikan pengalaman berkendara yang optimal dan menyenangkan.
Untuk merasakan semua keuntungan dari fitur-fitur ini, Anda bisa mengunjungi dealer terdekat dan melakukan test ride Yamaha NMAX Turbo untuk mencoba berbagai pengaturan untuk menemukan kombinasi yang paling sesuai dengan gaya berkendara Anda. Jangan lewatkan kesempatan dan rasakan sendiri canggihnya kedua fitur ini!