Rantai Motor Bisa Berkarat Padahal Niatnya Mau Dibersihkan, Pelumas Ini Biang Masalahnya

Image Rantai Motor Bisa Berkarat Padahal Niatnya Mau Dibersihkan, Pelumas Ini Biang Masalahnya

Belum banyak yang tahu efek negatif lumasi rantai motor pakai oli bekas, ini penjelasannya.

Agar tetap awet digunakan, rantai motor perlu rutin dirawat dengan cara memberikan pelumas.

Sesuai anjuran pabrikan, cara benar melumasi rantai motor yakni menggunakan carian khusus berupa chain lube.

Namun enggak sedikit pemilik atau pengguna yang melumasi rantai motornya pakai oli bekas.

Ada efek negatif yang muncul saat melumasi rantai dengan menggunakan oli bekas. Oli bekas itu sudah pasti kandungannya kotor, jadi tidak bagus untuk pelumasan rantai. Kotoran dari oli bekas bisa menempel ke rantai yang akhirnya malah bikin rantai jadi mudah terserang karat.

Apalagi pada rantai motor yang sudah pakai o-ring atau x-ring, nanti bakal cepat melar dan bikin mudah rusak.

Beberapa konsumennya sering meminta pakai oli bekas ketimbang chain lube saat melumasi rantai motor. Karena memang dianggapnya chain lube itu mahal dan cepat kering. Sementara kalau pakai oli dia lebih awet.

Seandainya mau pakai oli ya harus gunakan oli baru, bukan oli bekas. Tapi kalau pakai oli kan kita harus mengoleskan pakai kuas, kurang praktis. Sementara misal pakai chain lube tinggal semprot dan pengerjaannya lebih cepat. Tapi memang setidaknya dua minggu sekali harus cek kondisi chain lube apakah sudah kering atau belum.

logo